Sunday 22 August 2010

Jaga Faktor Kesehatan dari Dalam


Well, pertanyaan sederhana yang selalu muncul di benak saya adalah "Bagaimana Anda mempertahankan tubuh Anda agar tetap sehat?"

Isu tentang menjaga kesehatan telah menjadi sesuatu yang sering dibicarakan oleh banyak orang. Berbagai usaha untuk menjaga agar badan tetap sehat telah banyak dilakukan. Namun apa yang terjadi? Badan, pada suatu waktu, akan tetap terkena serangan penyakit juga. Bagaimana hal tersebut dapat terjadi?

Saya terbiasa menyederhanakan masalah dan membuat kesimpulan yang saya yakini kebenarannya, walaupun terkadang agak gila. Menurut saya kesehatan seseorang dipengaruhi oleh faktor dari dalam dan luar diri orang tersebut. Faktor dari dalam misalnya emosi seseorang dan faktor dari luar misalnya makanan yang dikonsumsi. Sehingga menurut diagnosa saya (yang tidak memiliki pengetahuan kedokteran sama sekali), seseorang lebih rentan terkena penyakit pada saat kondisi emosinya tidak baik bersamaan dengan konsumsi makanan yang buruk, dan akan lebih buruk lagi jika tidak pernah berolahraga.

Saya sering kesal sendiri jika disuruh orang tua saya untuk makan secara teratur. Well, memang benar kalau makan makanan sehat secara teratur dapat mencegah penyakit. Tapi itu kan (menurut saya) masih salah satu faktor yang terpenuhi. Jika keadaan emosi saya buruk bukan tidak mungkin saya akan jatuh sakit. Bukan begitu?

Jadi menurut saya hal utama yang harus dilakukan untuk menjaga badan agar tetap sehat adalah dengan mengusahakan faktor kesehatan dari dalam diri kita tetap positif. Hal ini bisa dilakukan dengan menghindari stress atau melakukan meditasi sehingga emosi terkendali. Tapi cara paling ampuh untuk terpenuhinya faktor kesehatan dari dalam tubuh adalah dengan melakukan pekerjaan yang kita senangi. Dengan melakukan apa yang kita senangi makan kita juga akan menjadi senang, bukan? (byu)

0 komentar:

Post a Comment