Saturday 24 October 2009

Fakta Tentang Madu

Berhubung hari ini saya sedang gemar membahas madu, jadi artikel hari ini bakal semua seuatu yang berhubungan sama madu. Artikel ini saya dapat dari koran Surya. Selamat membaca.

Madu, acap difungsikan sebatas penambah rasa ketika menengak jamu. Tahukah Anda, jika madu memiliki khasiat lebih dari itu. bahkan, hanya dengan menambahkan madu dalam menu olahan Anda, sudah memberikan sentuhan rasa berbeda. Karenanya, pastikan madu selalu ada dan tersimpan di dapur Anda.



Berikut fakta seputar madu:
* Tempatkan madu dalam wadah gelas dan letakkan dalam suhu ruang yang stabil. Perubahan suhu yang tidak menentu memang tidak akan menyebabkan madu rusak, hanya saja lebih berpengaruh pada tekstur madu. Madu boleh dibilang cukup tahan banting meski disimpan dalam waktu relatif lama.

* Madu memberikan rasa manis 25 persen lebih banyak ketimbang gula. Karenanya jika memilih madu sebagai pemanis pengganti gula cukup gunakan seperempatnya saja dari jumlah gula yang dalam takaran resep Anda.

* Sebagai aksen rasa dalam kue-kue buatan sendiri, madu bisa juga dimasukkan sebagai salah satu bahan dalam resep Anda. Misalnya mencampurkan sedikit madu dalam kocokan butter. Atau menambahkan madu untuk campuran saus untuk salad.

* Atau madu bisa dioleskan atau bahkan dicampurkan dalam racikan bumbu untuk mengolah ayam atau daging dalam berbagai menu favorit Anda. Bahkan hasil panggangan ayam, daging, atau kue-kue buatan Anda akan terlihat cantik dengan olesan madu di bagian atasnya. Hanya saja, olesan madu sebaiknya memerhatikan suhu pemanasan oven agar hasil akhirnya cantik, karena madu mudah gosong dalam suhu terlampau tinggi.

* Masih sebagai pengganti gula, madu bisa ditambahkan dalam campuran sari jeruk, jahe, kunyit dan jenis buah-buahan lain sebagai minuman hangat maupun dingin dengan menambahkan es batu sesaat sebelum disajikan.

* Dengan begitu banyak manfaat yang bisa diperas dari madu, toh madu sebaiknya tidak diberikan kepada anak-anak di bawah usia 12 bulan, karena justru bisa meracuni mereka!

2 komentar:

Rrietwit said...

Akhirnya dapat ku hirup juga udara di blogmu ini hahaha
Tambah keren kau punya blog bay,,

Weda said...

yaa iyaaa dong yuukkk. hahahaaa.
gimana? akhirnya bisa comment kan? comment yang banyak yaa!!

Post a Comment