Saturday 10 October 2009

Penyakit Bibir Misterius : Basahi Bibirmu!

Saya menulis artikel ini karena saya sudah mencapai rekor terkena penyakit ga dikenal 2 kali dalam 3 bulan. Sebenarnya saya sendiri juga ga tau penyakit ini apa namanya, yang jelas rasanya itu bibir kering, panas, kemudian memerah. Kalau udah kering, biasanya bisa semacam pecah-pecah gitu (lapisan teluar mengelupas). Pokoknya ga nyaman banget deh! Apalagi kalo ada di ruangan ber-AC, bawaannya ingin basahi bibir melulu -_-"

Kata temen-temen sih namanya panas dalam. Tapi barusan ini saya googling panas dalam kok gejalanya ga sama kaya yang saya alami. Wadoh! Jadi ngeri sendiri! Gejala panas dalam menurut googling itu hanya sebatas suhu badan panas dan sakit tenggorokan aja. Tapi suhu badan saya normal-normal aja, danjelas saya ga ngerasa radang di tenggorokan!

Ada juga yang bilang kalo bibir saya lagi penyesuaian suhu. Maklum, akhir-akhir ini panas banget di Surabaya, sampe pusing kalo lama-lama di rumah. Pengab banget, BLAH! Tapi kalo dipikir-pikir dari dulu juga Surabaya panas baget, mau penyesuaian suhu apa coba -_-" iya kalo suhu dingin ke panas, kaya pindah dari daerah pegunungan ke dataran rendah (saya dan Punk5 biasa menyebutnya penyakit-tragedi-cuban-rondo). Tapi kan saya juga ga pernah bepergian ke pegunungan akhir-akhir ini.

Malah ada juga yang bilang kalo pasta giginya ga cocok. BWAHAHAHA! Ini yang bilang namanya Anugerah Sabarina. Tapi waktu denger diagnosanya saya merasa agak terhibur soalnya lucu banget. Maksudnya sudah bertahun-tahun saya pake pasta gigi yang sama, masa baru ketahuan ga cocok sekarang ini. Hehehe.

Selama sakit ini sih, saya nanggulanginnya pake madu. Jadi tiap senggang di rumah pasti bibirnya saya olesin madu. Madunya tentu saja madu asli! Ini tips dari Ika Marcelina (thank's banget, Tro!). Tapi sembuuhnya cenderung lama banget. Sekarang sih udah mendingan, tapi ada semacam garis hitam gitu di atas bibir, mungkin gara-gara saya kelupas lapisannya saat masa penyembuhan, soalnya panas banget. Pasti bawaannya kudu basahin bibir melulu.

Well, makanya buat temen-temen semua pengunjung blog ini yang tau namanya penyakit ini dan gimana ngobatinnya mungkin bisa share-share di sini yaa. Beneran, saya ingin tau banget namanya penyakit ini. Pasalnya udah 2 kali dalam 3 bulan -_-" By the way, ga ada jawaban yang salah dalam diskusi topik ini. Namanya juga kita sama-sama belajar. Bukan begitu?

8 komentar:

Rrietwit said...

hwkwkwkwk... kayake dulu aku yang sering di panggil si bibir pecah-pecah sekarang kamu yang kena karmanya..

btw kenapa blogmu gak di cantumkan di profil twitter.. ta follow y, ntar kasih masukan buat aku pisan y..

Weda said...

oalah yuk yuk. kamu to? iya follow aja. ntar aku follow balik. iya nih. tapi sekarang udah mendingan kok. hahaha

talita kireina said...

itu namanya berengen..my aunty ever had that disease and she found the problem..she used the wrong lipstick for her lips

Weda said...

whoaa, what a pitty aunty! tapi masa aku salah pake lipstick? -_-"

Anonymous said...

sama bro gw jg kadang suka bgtu tapi gk sampe sesering bro kanbuhnya paling setaun sekali atau 2x masimal dan itu nyiksa bgt bibir berasa tebel pengennya dibasahin terus pake lidah setelah bbrp hari kulit bibir mulai berubah warna menjadi lebi gelap dibagian tertentu,

nama penyakitnya cheilitis bro

Anonymous said...

oh ya satu lg gan cara mengobatinya supaya cepet sembuh
1. pake lip balm terus jgn yg ada rasanya ya kalo bs yg biasa aja ( ane sih biasa pake lip balm sebamed)

2. bnyk minum air putih dan bnykin minum vitamin c dan sayuran

Anonymous said...

itu namanya berengen, aku juga sering gitu.. tapi aku minumin air putih dan terkadang aku olesin minyak tawon dan cepet sembuh bro.

jifa said...

Maaf numpang nanya
KªL☺ penyakit bibir Ά̲̣̣̣̥ªk̶̲̥̅̊υ̲̣̥. Aneh dan Ά̲̣̣̣̥ªk̶̲̥̅̊υ̲̣̥. Jg sering binggung penyakitnya pa KªL☺ habis makan pedas trus ikan asin bibir terasa gatal dan merah trus di bawah bibir ngelupas dan berwarna putih tp rasanya gatal baget warna mirip iler kering ​​"̮ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ ๑ˆ⌣ˆ๑ "̮ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ jd sering ilfil gara gara penyakit ini

Post a Comment